Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menindak lanjuti Perintah Kapolda Kalbar Kapolres Landak Trabas Patroli Karhutla

4/16/2023 | 20:29 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-16T13:29:19Z


Polres Landak KALBAR, ALASANNEWS.COM – Air Besar, Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan, S.H, S.I.K, M.M. didampingi para Pejabat Utama Polres Landak yaitu Waka Polres, Kasat Reskrim, Kasar Samapta, Kasi Propam dan KBO Lantas tidak lupa Kapolsek Air Besar IPDA Donny Pati Pratama Yolanda Besarta Anggotanya melakukan patroli Karhutla di kawasan hutan wilayah Kecamatan Air Besar, Sabtu (15/4/2023). 

Dengan Trabas menggunakan  Motor Trail Kapolres Landak bersama rombongan menyusuri hutan di wilayah tersebut bertujuan untuk antisipasi Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) di musim kemarau yang panjang.


Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan, S.H, S.I.K, M.M. menjelaskan selain Patroli Karhutla kegiatan tersebut juga untuk mencegah pencurian yang bersumber dari alam dan hutan seperti kayu dan mineral lainnya.

Ditambahkan "Menindak lanjuti perintah serta arahan Kapolda Kalbar tentang antisipasi dan juga penanganan karhutla diwilayah hukum polda kalbar khususnya polres landak terkait musim kemarau panjang rawan akan kebakaran serta menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini banyak masyarakat melaksanakan mudik lebaran baik melalui darat, laut maupun udara terutama yang menjadi atensi akibat kabut asap yang mengakibatkan gangguan terhadap jalur udara sehingga mengganggu jalur penerbangan", tambah Kapolres.


Menurut Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan, S.H, S.I.K, M.M. pada saat berdialog dengan Kepala Desa Sekendal Pdt. Gianto Karel Sirundunan bahwa masyarakat disekitar hutan rata-rata adalah petani, dan ada beberapa yang bertani dengan memanfaatkan lahan perhutani, dimana untuk membersihkan semak belukar sering dengan di bakar tanpa pengawasan, untuk itu dilakukan patroli menyasar wilayah hutan. “Kadang ada yang membakar semak belukar, tanpa pengawasan, dan hal itu sangat berbahaya, karena api dapat merembet dan membesar apalagi banyak rerumputan kering dimusim kemarau", jelas Kapolres.

"Karhutla jadi atensi pemerintah, maka dari itu upayakan dalam membuka lahan tidak dengan cara membakar maupun menggunakan pupuk yang berbahaya," tutup Lulusan Akademi Polisi Tahun 2004.

Humas
Editor : Gugun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update