Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Antisipasi KLB Demam Berdarah, Lanudal Tanjungpinang Lakukan Fogingisasi

7/20/2023 | 19:53 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-20T12:53:31Z


TNI AL-Puspenerbal, Alasannews.com-Untuk mengantisipasi kasus peningkatan bahkan Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah, Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Tanjungpinang melakukan Fogingisasi terhadap area perkantoran, rumah dinas dan mess Lanudal Tanjungpinang, Kamis (20/2/2023).

Tindakan pengasapan dengan bahan insektisida yang dimotori Balai Pengobatan Lanudal Tanjungpinang ini, bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pgs.Kepala Balai Pengobatan Lanudal Tanjungpinang, Lettu Laut(K/W) drg Adhe Susanti memimpin Fogingisasi tersebut dengan menyisir tiap tiap ruangan serta selokan di area Rumdis guna membasmi nyamuk demam berdarah (Aedes aegypti) yang membawa virus Dengue maupun penyakit malaria yang di sebabkan oleh nyamuk anopheles.

Menurut Danlanudal Tanjungpinang  Kolonel Laut (P) Rivai A.md, P.i., SH., M.H.  tindakan foggingisasi ini, masih dipandang sebagai salah satu upaya penanggulangan saat terjadi KLB atau wabah penyakit DBD di suatu daerah, yakni ketika populasi nyamuk dewasa sedang tinggi. Fogging dengan cepat menurunkan populasi nyamuk.

Pengasapan lanjut Danlanudal, ini dilakukan sebagai salah satu metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD, yaitu nyamuk Aedes Aegypti. Biasanya kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan mesin yang dapat mengeluarkan asap berisi insektisida.
Untuk memenuhi target, fogging harus dilakukan sesuai aturan. Fogging hanya dapat dilakukan setelah adanya koordinasi dengan pihak satuan kerja atau penghuni/pengguna gedung agar barang atau peralatan diamankan sebelum pengasapan untuk menghindari kerusakan.

Dan agar aman tambahnya, sebaiknya kegiatan ini dilakukan saat nyamuk Aedes aegypti beraktivitas, yaitu sekitar pukul 08.00-11.00 WIB dan pukul 14.00-17.00 WIB.

Ditempat yang sama, Ibu Evi selaku warga Rumdis Lanudal Tanjungpinang mengucapkan terima kasih kepada Danlanudal beserta jajarannya, yang telah melakukan penyemprotan baik rumah dan saluran air drainase.

"Terimakasih pada Komandan yang perduli kepada kesehatan lingkungan Rumdis Lanudal, semoga warga Rumdis ini sehat semua terhindar dari wabah DBD," ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update