Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menelisik Perjalanan Karier Seorang Bakal Calon Bupati Buol 2024, dr Sofyan Mailili, M.Kes

12/02/2023 | 12:06 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-02T05:06:52Z


Penulis ; Suleman Dj. Latantu 
 

Jelang Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Buol 2024 mendatang, tercatat ada sejumlah nama putra daerah yang akan masuk sebagai bakal calon Bupati

Salah satunya adalah dr Sofyan Mailili Mkes yang saat ini  menduduki jabatan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah.

Disebutkan, dirinya akan maju sebagai salah satu bakal calon Bupati Buol tahun 2024 karena termotivasi ingin melakukan perubahan dan perbaikan dalam berbagai aspek. Terutama pada tatanan Aparatur Sipil Negara, transformasi birokrasi dan kejelasan tentang karier.

Selain itu peningkatan kehidupan masyarakat desa melalui sektor unggulan dalam mengelola sumber daya alam yang dimiliki. Agar kemajuan daerah Buol bisa sejajar dengan daerah lainnya di Sulteng, seperti halnya peningkatan ekonomi berbasis keunggulan lokal daerah 

" Jadi, itulah salah satu faktor penting yang memotivasi dan mendorong diri saya hingga bercita cita masuk sebagai salah satu balon Bupati Buol 2024 mendatang. Insyaallah dengan niat dan hati yang tulus, Allah SWT akan meridhoi usaha kita bersama  dalam membangun daerah buol tercinta" ujar Sopyan kepada media ini. 




Lelaki  kelahiran Tolitoli  06 September 1965 ini adalah putra ke 4 dari 8 bersaudara pasangan almarhum Saleh Mailili dan almarhumah Zubaedah Gayanda asal Desa Bunobogu Kabupaten Buol. 

Sementara dari 8 saudara kandungnya,  2 orang diantaranya adalah Abdul Haris Mailili dan Erwin Saputra pemilik Surya Wisata Hotel di Buol 

Selanjutnya menilik perjalanan hidupnya,  Sofyan ternyata memiliki karier yang mentereng di birokrasi pemerintahan serta segudang  pengalaman  di organisasi sosial lainya.

Menyusul jenjang kariernya di Pemerintahan hingga saat ini umumnya di dunia kesehatan dengan latar pendidikan (S.1) Fakultas Kedokteran Unsrat Manado tahun 1984 - 1992, serta S.2 Magister Management Pelayanan Kesehatan UGM Jokyakarta tahun 2000 - 2002.

Berbekal latar belakang pendidikan serta pengalaman kerja yang cukup akhirnya perjalanan kariernya sebagai Aparatur Sipil Negara di bidang kesehatan terus merangkak naik. 

Perjalanan kariernya dalam jabatan misalnya, bermula dari Kepala Puskesmas  Kasimbar tahun 1993 - 1996 yang kala itu masih dalam lingkup wilayah Kabupaten Donggala. 

Menyusul tahun 1997-1999 ia dipindahkan sebagai Kepala Puskesmas Kawatuna Kodya Palu. Setelah itu tahun 1999-2004 dipindahkan lagi sebagai Kepala Puskesmas Birobuli Kodya Palu, dan terakhir tahun 2004-2005 sebagai Kepala Puskesmas Singgani Kodya Palu. 

Selanjutnya berkat kerja kerasnya dalam meniti karier pengabdian serta loyalitas dan disiplin  yang tinggi, ayah kandung dari 3 orang putra ini akhirnya dipercayakan menduduki jabatan sebagai Direktur Rumah Sakit Kabelota Kabupaten Donggala tahun 2005-2008, dan berturut turut tahun 2009-2018 sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi.

Lepas dari jabatan tersebut, tahun 2018- 2021 ia dimutasi dalam jabatan  yang sama eselon II  sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sigi. Dan tahun 2021 ia dipercayakan kembali pada jabatan sebelumnya sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi hingga saat ini. 

Sementara selama menjalankan tugas pokoknya di birokrasi pemerintahan bidang Kesehatan, Suami dari istri tercinta Cakrawathie Hasan, S.Farm,SH ini juga ternyata memiliki kemampuan/kompetensi perumusan kebijakan kesehatan, management mutu dan kualitas pelayanan kesehatan dan management program kesehatan 

Selanjutnya, selain  sukses dalam karier jabatan dibirokrasi ternyata lelaki ini juga sukses dalam membina dan mendidik ketiga orang putranya hingga berhasil sukses meraih pendidikan yang lebih tinggi. 

Ketiga orang putranya itu 2 diantaranya berhasil mengikuti jejaknya menjadi dokter dokter. Antara lain drg Zulfikar Rifki dan dr. Rayhand Mubarak, sedang putranya Ariel Ziqirullah,ST memilih latar pendidikan bidang  tehnik ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update