Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mengenal Profil Perjalanan Karier Kadis Pendidikan Kabupaten Buol Drs Abdulah Lamase, M.Pd.I

12/09/2023 | 19:21 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-09T12:21:19Z

tampak
Tampak, moment kebersamaanya dengan keluarga tercinta. Dan ruitinasnya ketika berkunjung ke sekolah sekolah


Penulis Suleman Latantu 


Buol AlasanNews com Keberadaan sosok  pria ini  tentu tidak asing lagi bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Buol pada umumnya. 

Karena sosok pria yang  bernama lengkap Drs Abdulah Lamase, M.Pd.I ini memang lebih dikenal dan banyak  mengenal antara satu dengan lainya.

Pria ini  dikenal karena latar belakangan kafasitasnya sebagai seorang  Ustadz yang sering kali hadir memberikan tauziah dan ceramah agama di tengah  masyarakat ketika mendapat undangan resmi. 

Menyusul  ia juga lebih dikenal masyarakat dan kaum pendidik karena kafasitasnya saat ini selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buol serta pergaulan umum  lainnya dalam organisasi 

Sebagai informasi, jelang Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Buol 2024 mendatang, pria kelahiran Desa Lakea II  08 April  1966, juga berkeinginan untuk maju dalam bursa pencalonan diantara sejumlah bakal calon lainnya yang disebut sebut. 

Lantas, keinginan ayah dari 3 putra dan putri buah perkawinanya bersama  istri tercinta  Dra, Tasbin H .Haly Gantiri  untuk maju dalam bursa pencalonanya itu telah mendapat respon dan dukungan positif  dari  sejumlah kalangan  tertentu.  

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab sosok pria putra ke 5 dari 12 orang bersaudara dari pasangan dari ayah   Ido Lamase ( almarhum) dan ibu Habiba Maukasing, dinilai memiliki kemampuan  SDM,  pengalaman kerja  dan latar belakang pendidikan  yang cukup. Terlebih lagi ia memiliki dasar  pengetahuan  Agama  Islam yang kuat dan kokoh, serta kafasitas jabatan karier yang mentereng  sebagai Aparatur Sipil Negara. 

Betapa tidak, selama meniti karier sebagai ASN, pria jebolan (S2) Pendidikan Agama Islam  pada Universitas Islam Negeri (UIN) Makasar tahun 2012 ini, beberapa kali mendapat kepercayaan memangku jabatan penting dan strategis di lingkungan Pemda Kabupaten Buol, mulai dari jenjang jabatan eselon III hingga eselon II di sejumlah OPD yang berbeda

Perjalanan kariernya sebagai ASN, bermula dari guru Agama Islam SMAN 2 Biau setelah resmi diangkat sebagai  CPNS/PNS tahun 2002-2008 sekaligus  sebagai Wakasek Kesiswaan SMAN 2 Lipunoto tahun 2007-2008. 

Selanjutnya tahun Bu 2008 dimutasi sebagai guru SMPN 3 Paleleh sekaligus sebagai Wakasek Kesiswaan SMPN 3 Paleleh tahun 2008-2010. Serta sejumlah pengalaman kerja lainnya, baik di lingkungan pemerintahan, di Kampus IAIN Alauddin Palu maupun pada sejumlah  lembaga 
Organisasi pendidikan Agama dan umum  lainnya.

Seperti halnya pada organisasi keagamaan, pria yang humoris ini dipercayakan sebagai Ketua Umum MUI Kabupaten Buol periode pertama tahun 2015 - 2020, dan menyusul periode kedua 2021 masih tetap dipercayakan hingga saat ini. 

Dan sebelumnya  dipercayakan sebagai Ketua DKM Mesjid Agung Buol tahun 2019 hingga saat ini. Serta tahun 2018 - 2022 sebagai Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Buol 

Selain itu, sosok pria ini juga ternyata punya pengalaman pada organisasi politik. Dimana sebelum diangkat menjadi ASN  ia pernah menjadi Ketua Umum Partai Masyumi Kabupaten Donggala tahun 1998-1999, dan menyusul tahun 1999 menjadi Ketua Umum Partai Masyumi Kabupaten Buol selama 6 bulan, dan  selanjutnya tahun 2000-2001 menjadi Sekretaris Umum PPP Reformasi Kabupaten Buol.

Sehingga berbekal deretan seluruh pengalaman yang dimilikinya itu, maka  mulai saat ini, ia  mempersiapkan diri ingin maju pada suksesi Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Buol 2024 dengan mengambil sikap mengajukan pensiun dini dari Aparatur Sipil Negara 

" Sikap saya untuk pensiun dini karena  maju dalam bursa pencalonan nanti,  bukan  karena dilandasi ambisi untuk mendapatkan kekuasaan. Tapi niat saya,  semata mata karena melihat kondisi kehidupan masyarakat kita saat ini,  agar ke depan mereka  bisa hidup lebih layak dan sejahtera" pungkas Abdullah kepada media ini.*



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update