Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

SMAN 3 Sungai Kakap Sukses Gelar Panen Karya Projek Profil Pelajar Pancasila(P5)Kearifan Lokal

11/25/2022 | 10:15 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-25T06:53:21Z


Alasannews.com, Kubu Raya-Keluarga besar SMA Negeri 3 Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap sukses melaksanakan Gelar Panen Karya Projek Profil Pelajar Pancasila P5 Kearifan Lokal dengan Budayakan Duniaku, Kuburaya Mendunia dengan mengusung tema" Robo robo".

Kegiatan tersebut berlansung di Halaman SMA Negeri 3 Sungai Kakap Jalan Bujama parit Keraka Desa Pal 9 Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat Kamis, (24/11/2022.

Acara ini dimeriahkan dengan pentas seni dan budaya yang di tampilkan anak anak siswa siswi SMA Negeri 3 Sungai Kakap 
di antaranya seni Tundang,seni Tari Mendunia,Seni Tari Jef fin melayu.Makan Saprahan serta membuka Stan Produk makanan yang di ikuti seluruh peserta didik SMA Negeri 3 Sungai Kakap.

Pada kesempatan tersebut ada pun yang di undang pejabat terkait yaitu Bupati Kabupaten Kubu Raya H.Muda Mahendrawan,S.H yang di wakili oleh Rudi Fitryanto.M.Pd Sebagai Kepala Dinas dan ke Arsipan Kabupaten Kubu Raya.
Camat Sungai Kakap. Junaidi,S.Sos, Sekretaris umum PGRI Provinsi Kalimantan Barat Suherdianstah,M.Pd.
Ketua MKKS Ibu Aisyah,M.Pd,Kepala Desa Pal 9 Marhasan.Pengawas sekolah,Komite sekolah,Tokoh masyarakat setempat,orang tua wali murit. peserta didik dan tentunya Bapak Ibu guru dan karyawan SMA Negeri 3 Sungai Kakap beserta seluruh peserta didik SMA Negeri 3 Sungai Kakap yang terlibat secara langsung dalam acara tersebut.

Bupati Kabupaten Kubu Raya,H.Muda Mahendrawan,S.H yang di wakili oleh Rudi Fitryanto.M.Pd Sebagai Kepala Dinas dan ke Arsipan Kabupaten Kubu Raya.dalam sambutannya dia mengatakan sangat mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 3 Sungai Kakap yang telah menjadi pionir dalam melaksanakan P 5 dan mengajak kepada seluruh pelajar untuk terus mendukung dan mengupayakan agar SMA Neger 3 Sungai Kakap menjadi sekolah yang unggul dalam segala bidang,"Katanya.

Usai Kegiatan Rudi Fitryanto.M.Pd Sebagai Kepala Dinas dan ke Arsipan Kabupaten Kubu Raya yang mewakili Bupati Kubu raya kepada sejumlah awak media mengatakan 
Saya mewakili Bupati Kabupaten Kubu Raya hadir di dalam kegiatan Panen Karya Projek Profil Pelajar Pancasila(P5)Kearifan Lokal hari ini adalah yang sangat berbahadi buat rekan rekan kita yaitu SMA.Negeri 3 Sungai Kakap ini,

"Ini sangat penting untuk menumbuhkan karakter anak anak kita didalam globalisasi ini Projek Profil Pelajar Pancasila(P5)merupakan suatu di antara dari struktur kurikulum yang ada di merdeka belajar.nah ini sangat penting dikarnakan Projek pelajar Pancasila memuat beberapa elemen karakter Satu di antaranya karakternya yaitu gotorong,kemudian mandiri.kemudian global nisasi mendunia. 

Sehingga kegiatan Projek pelajar Pancasila ini sangatlah penting untuk mendukung proses kegiatan intra kurikuler apalagi pada saat ini tema yang di angkat yaitu tentang budaya,budaya Robo robo.nah ini adalah salah satu cita bakal untu melaksanakan sehingga anak anak kita selanjutnya akan memahami bahwa akan nilai karakter ristik tentunya yang dapat di jadikan pembelajaran untuk kegiatan kegiatan meningkatkan karakter di masa masa yang akan datang seperti itu.

Untuk kegiatan seperti ini saya rasa seluruh jenjang dari TK,SD.SMP.SMA.tentunya melaksanakan pada saat mereka melaksanakan kurikulum merdeka belajar dari semua satuan pendidikan memang ahir nya setelah melakukan Projek pelajar Pancasila ini adalah akan panen raya.

Atau menampilkan produk produk atau hasil dari proses projek projek dari Pancasila itu sendiri sehingga semuanya akan ini adalah hari puncak bahagi bahagia melihat sampai sejauh mana proses yang selama ini di lakukan oleh sekolah sekolah dalam kegiatan projek Pancasila itu sehingga hasilnya pada hari ini di seluruh Indonesia bukan bukan hanya di Kalimantan Barat dan khusnya di Kakap ini dan di seluruh Indonesia melaksanakan Frojek Pancasila pada saat mereka melaksanakan kurikulum merdeka belajar ini."Terangnya.

Kepala Sekolah SMKN 3 Sungai Kakap,
Rahmat,S.Pd menuturkan,adanya perkembangan zaman membuat kebudayaan lokal semakin mulai ditinggalkan para generasi muda. Melalui kegiatan P5,peserta didik dilatih untuk lebih kreatif,berpikir kritis dan mencintai budayanya.Peserta didik sebagai generasi muda dituntut menjaga dan mengembangan budaya."Katanya.

Rahmat,S.Pd menambahkan,P5 sebagai perwujudan belajar sepanjang hayat.Para pelajar dilatih memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.Di antaranya berketuhanan,bersatu dengan keragaman,demokrasi, mampu bekerja sama, bergotong royong, berjiwa kreatif inovatif yang mampu memberikan solusi dari setiap kesulitan dan permasalahan hidup sehingga menjadi pelajar arif dan bijaksana.

lebih lanjut mengatakan dia menjelaska kenapa kita panen ini kan kita sudah menam ni,karna kita sudah menanam dari bulan Agustus mereka itu sudah mencari bahan untuk Frojek pelajar Pancasila nah ini lah hasil panennya pada hari ini.Kita mendapatkan hasil hasil yang mereka dapatkan selama Empat bulan ini.

"Jadi temanya robo robo ni jadi mereka mencari sejarah robo robo,makanan robo robo kemudian yang mana bagi yang menggunakan budaya robo robo bagai mana baju yang di gunakan robo robo karna robo robi ini kan edentik dengan Bugis."Ujarnya.

Jadi mereka mempersiapkan deng berbudaya tentang Bugis bahkan nanti ada kapalnya ada makanannya seperti lemang itu tetap makanan sederhan kemudian merak menggali sejarah robo robo ini dari pergi kemusium mereka pergi mencari di situs Gugel banyak lagi tempat sistim mereka mencari itu tujuannya mencari sumber.tentang robo robo ini.

Dan mereka bisa mendramakan bagai mana munculnya budaya robo robo sedangkan untuk mencapai kemajuan SMAN 3 Sungai Kakap ini saya kira 3 tahun cukuplah dan apa yang membuat kesan bahwa kita kedepan akan nanti baik dari pada ini 

Dan tahun ini dan sudah kita liat bagai mana prioritas SMA 3 ini kita sudah kedatangan Dua kali dulu Pak Kapoda sudah juga datang kesini dengan Pak Bupati.,"Tandasnya.

Sementara Anwar Adam selaku ketua komite SMAN 3 Sungai Kakap kepada awak media saya sebagai ketua komite sekolah mitra kerja dari pada SMAN 3 Sungai Kakap ini dan saya sangat berterimakasih jug sangat bangga melihat anak anak ada karya untuk kegiatan projek Pancasila ini.Itu yang kami harapkan untuk kedepanya mungkin yang lebih baik lagi."tutupnya.(Gugun/IL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update