Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SMK KAL-2 Surabaya Berhasil Luncurkan Kapal Baru “ PUSKAL2 R001”

Jumat, 11 November 2022 | 17:44 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-11T10:44:50Z



alasanNews, SURABAYA--Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-2) , Jumat (11/11/22) sukses melaksanakan sea trial kapal “ PUSKAL2 R001” buatan para siswa dan guru   SMK KAL-2, Sea Trial kapal tersebut dihadiri oleh Kepala Staf Koarmada II Laksamana Pertama  TNI Andi Abdul Aziz, S.H.,M.M. di dampingi Aslog Kolonel Laut (T) Achmad Riza, S.T dan Kadismatbek  Kolonel Laut (T) Muhamad Suprapto,S.T., Mtr,Opsla.,CTMP. keliling Kolam  Kombasin DBAL Koarmada II tempat bersandarnya KRI  dari ponton Dislambair hingga keliling melihat kondisi kapal-kapal yang sedang sandar di demaga A , B, C, D,  dermaga penjelajah  hingga dermaga kapal selam dan kembali ke Ponton Dislambair.

Sea Trail berikutnya Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP, Sekertaris Niken Dyah Puspitorini , S.Pd , Bendahara Hestanofia , SE  dan Kabidik Dra. Ramayanti juga mencoba menaiki kapal “ PUSKAL2 R001”  bergerak menuju dermaga Madura hingga mendekati Jembatan Suramadu, dengan kecepatan penuh PUSKAL2 R001 meluncur membawa  pengurus inti Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah .

Kasatdik SMK KAL-2 Qurratu Rahimah, S.E penggagas pembuatan kapal PUSKAL2 R001  (Pusat Keunggulan SMK KAL2)  di tahun 2022 SMK PK lanjutan ke-2 dengan Program Skema Pemadanan dengan Industri  PT. SAMUDERA SINAR ABADI dengan TeFa Pembuatan kapal V16 dengan spesifikasi  bahan dari Viber Glass,  panjang 6 meter ,menggunakan  mesin 40 PK, Speed 15 – 20 Knots. Kapal V16 saat ini sudah berhasil melaksanakan uji coba/ sea trail. 

SMK KAL-2  saat ini bernaung di Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah sudah menjadi SMK PK , dan ini merupakan  program pemerintah yang mengharuskan setiap SMK PK harus bisa menghasilkan produk dan benar-benar Link and Super Match dengan Perusahaan, untuk itu SMK KAL – 2  berinisiatif di tahun 2022  membuat sebuah Kapal V16 yang dihasilkan oleh kolaborasi antara sekolah dengan perusahaan sehingga dapat menghasilkan sebuah produk yang bisa dijual kepada masyarakat umum.


Pembuatan Kapal V16 tersebut dibuat oleh Pembimbing dari Perusahaan, Guru Magang dan Siswa SMK KAL-2, Sebelum pembuatan kapal tersebut, diadakan workshop sebagai pengenalan bahan dan alat yang digunakan serta desain kapal yang sesuai dengan ukuran sebenarnya. Pembuatan kapal tersebut memakan waktu sekitar 1 bulan (cetakan kapal sudah jadi) termasuk setting system navigasi  maupun instalasi pemesinan. Kendala hanya pada mesin yang digunakan tidak ready stock sehingga kita harus melakukan pemesanan (inden) terlebih dahulu. Kapal tersebut bisa difungsikan untuk patroli, pariwisata, mancing maupun fungsi yang lain, Kapal V16 ini telah dibekali dengan Mesin 40 HP (2 stroke), Radio VHF, GPS Garmin 585 Plus Trasnponder serta lampu navigasi untuk berlayar di malam hari (yht/dar).
×
Berita Terbaru Update