Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

MILAD 4 FKOB PONTIANAK BARAT, Merangkai Festival Budaya Bugis 2023 Berjalan Sukses

2/20/2023 | 13:55 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-20T06:55:41Z


MILAD 4 FKOB PONTIANAK BARAT, Merangkai Festival Budaya Bugis 2023 Berjalan Sukses


Pontianak KALBAR, ALASANNEWS.COM - Pada Minggu malam (19/02), bertempat di Rumah Adat Saoraja Aliri Mpero Kota Pontianak, Forum Komunikasi Orang Bugis (FKOB) DPC Pontianak Barat menghelat Milad yang ke-4 dalam rangkaian acara Festival Budaya Adat Bugis 2023.

Gelaran Milad yang mengangkat tema "Dengan Semangat Milad, Mari Kita Bersama Membangun Ikatan Jiwa, Untuk Menjaga Silaturahmi" menjadi momentum berkumpul dan menjalin komunikasi yang dapat membangun  dalam berbagai aspek berorganisasi, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan FKOB secara menyeluruh dan FKOB Pontianak Barat pada khususnya.


Perhelatan kegiatan hari jadi ini dihadiri langsung oleh berbagai elemen, baik dari internal FKOB, seperti Ketua DPD FKOB Kalbar, DPW Kota Pontianak, DPW Kubu Raya, DPC dan PAC serta sayap perempuan FKOB. Sedangkan dari eksternal, tampak hadir panglima - panglima dari berbagai laskar dan ormas, antara lain, terdapat Laskar Kuning dari Keraton Kadriyah, ada juga Bala Komando Pemuda Melayu dan lain - lain.

Sebagai sebuah rangkaian dari Festival Budaya Adat Bugis 2023, kegiatan Milad ke-4 FKOB Pontianak Barat ini menampilkan suguhan hiburan dari tari - tarian serta adat istiadat yang dikemas sebagai sebuah tampilan menarik dalam gerak langkah tari para generasi muda Bugis. Tidak hanya tarian, dilaksanakan juga fashion show yang menghadirkan model - model cilik dengan balutan pakaian tradisional.


Ritual penting dalam sejarah adat budaya bugis, Matompang pun dilaksanakan dengan khidmat, diiringi oleh do'a dan alunan pukulan rancak gendang irama Bugis, menambah suasana acara lebih berkesan. Matompang sendiri dilakukan dengan melakukan pembersihan senjata pusaka Bugis yang digosok secara lembut dan perlahan menggunakan sedikit air dari jeruk nipis.

Dikatakan oleh Ketua DPD Kota Pontianak, Andi Muin Tahir, bahwa kegiatan Milda ini sebagai rangkaian festival merupakan perwujudan sikap nyata dalam pelestarian adat budaya Bugis di Kalimantan Barat. "Ini juga kaitannya dengan pengingkatan eksistensi serta melestarikan budaya - budaya Bugis yang ada di Kalimantan Barat" jelasnya.

"Kegiatan ini harus ditingkatkan lagi, agar acara - acara seperti ini tidak saja hanya sebatas seremoni, tapi bagaimana melestarikan adat budaya Bugis" tegas Ketua DPD FKOB Kota Pontianak.

FKOB dengan DPC Pontianak Barat, adalah satu kesatuan yang tentunya memiliki harapan dapat berkembang secara positif, sehingga masyakat bisa menerima dengan baik, ungkap Ketua DPC FKOB Pontianak Barat, Jayadi Achmad. "Kami para pengurus dan anggota, dapat ikut berpartisipasi untuk terus meningkatkan dan memperkenalkan Adat Budaya Bugis ke masyarakat dalam cakupan yang luas Khususnya di Kalbar",tutupnya. 

Red : Gugun
Editor : Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update