Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Puspenerbal Kenalkan Pesawat Udara pada Ratusan Siswa Satdik ll Kodiklatal

8/26/2023 | 08:22 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-26T01:22:19Z


TNI AL, Puspenerbal, ALASANnews.com.--Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal) kedatangan 257 Siswa Dikmata dan Dikmaba angkatan ke-43 Satuan Pendidikan (Satdik) ll Makasar, Kodiklatal, kunjungan tersebut dimanfaatkan untuk mengenakan berbagai jenis pesawat udara (Pesud) yang dimiliki Puspenerbal.

Komandan Komando Latihan Penerbangan TNI Angkatan Laut (Dankolat Penerbal) Kolonel Laut (P) Gugus Wahyu S.U mewakili Danpuspenerbal Laksda TNl Dr. Imam Musani menerima ratusan siswa Lattek Pekan Integrasi tersebut di Hanggar Fasharkan Pesud, Lanudal Juanda, Jumat (25/8/2023).

Hadir dalam kunjungan tersebut diantaranya Danpusdiklapa Kodiklatal Kolonel Laut (P) Ahmad Alif Syaifudin Zuhri, Dansatdik II Makassar yang diwakilkan Letkol Deni, Pasops Wing Udara 2 dan perwira terkait lainnya.


Danpuspenerbal dalam amanatnya yang dibacakan Dankolat Penerbal menyampaikan ucapan selamat datang kepada para siswa Satdik II Makassar di Pusat Penerbangan TNI AL Juanda, yang merupakan tempat pemusatan pembinaan unsur-unsur udara TNI AL sebagai bagian sistem senjata Armada Terpadu (SSAT). 

Menurut Danpuspenerbal, Penerbangan TNI AL lahir, termotivasi dari hadirnya unsur-unsur udara Angkatan Laut di Dunia yang memiliki daya gempur tinggi pada masa perang Dunia Kedua. 

Para tokoh putra bahari yang tergabung dalam badan keaman Rakyat (BKR) Laut di Lawang Jawa Timur, melihat adanya kepentingan strategis yang sejalan dengan kondisi geografis Nusantara dan menuangkan gagasan tersebut dengan membentuk pemuda penerbangan Angkatan Laut (PPAL). 

Usai pembacaan amanat Danluspenerbal oleh Dankolat, para siswa Lattek Integrasi ini menyaksikan tayangan Filer dan paparan profil Penerbangan Angkatan Laut yang disampaikan oleh Kapten Laut (P) Rangga Birawa, yang sehari hari menjabat Kasiopslat Lanudal Juanda.
 
Selain mendengarkan paparan Profil Penerbangan Angkatan Laut, para Siswa Satdik juga diajak meninjau alutsista yang dimiliki Puspenerbal yang sudah tergelar di Hanggar Fasharkan Pesud.

Pesud tersebut diantaranya CN-235 MPA, Casa NC-212, King Air 350i, Helikopter Bell 412 HP, Bell 505 jet ranger, Panther AS-565 MBe, Bolkow BO-105, Pesud Latih Bonanza G36, Baron G58, Piper Archer PA-28-181.

Para siswa terlihat antusias disesi peninjauan dan pengenalan berbagai macam pesawat yang ada dijajaran Puspenerbal ini, mereka mengaku baru pertama bisa melihat pesawat dari dekat, pertama kali berada di hanggar pesawat bahkan pertama kali bisa memegang pesawat udara yang difungsikan untuk patroli maritim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update