Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peluang Besar H Amran Hi Yahya Lanjutkan Periode Kedua Memimpinan Tolitoli di Pilkada 2024

4/04/2024 | 18:27 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-04T11:27:25Z

 



Tolitoli, Alasannews.com - Praktisi hukum Mansur Pondang SH,MH mengatakan meskipun pesta demokrasi Pilkada serentak akan dihelat 27 November tahun 2024 tak masalah melihat peluang besar kepemimpinan daerah Tolitoli H. Amran H. Yahya, pada Pilkada Tolitoli 2024 mendatang.


Dalam kontestasi pilkada Tolitoli tahun 2024 secara normatif melihat peluang H Amran Hi Yahya sebagai incumbent cukup besar untuk melanjutkan kepemimpinannya diperiode kedua.


"Pak H Amran Hi Yahya adalah figur incumbent yang telah membuktikan kinerjanya kurang lebih tiga tahun lebih memimpin Tolitoli. Beliau figur yang sukses menggerakkan beberapa sektor yang berkorelasi langsung dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat" kata mantan Anggota DPRD Tolitoli itu kepada Alasannews.com lewat pesan WhatsApp Kamis (4/4/2024)


Mansur yang juga mantan wartawan  ini menyebutkan keberhasilan H Amran H Yahya melakukan terobosan bagian dari visi misinya memajukan daerah yang dipimpinnya ini diantaranya yang sangat menonjol adalah tumbuh kembangnya UMKM-UMKM di hampir semua ruang usaha bukan hanya di wilayah perkotaan tetapi berkembang hingga di pelosok pedesaan.


"Secara obyektif, kekurangan mendasar yang dirasakan pemerintahan pak Amran harus diakui bahwa meskipun sejak awal pemerintahannya, kondisi APBD Tolitoli mengalami peningkatan dari tahun ke tahun akan tetapi belum mampu diarahkan secara maksimal untuk menangani seluruh bidang infrastruktur daerah. Insah Allah di periode kedua akan lebih maksimal"  kata Mansyur


Dikatakan ditahun kedua menjabat sebagai Bupati bersama Wakil Bupati M Besar Bantilan, keduanya diperhadapkan pada penanganan bencana non alam pandemi covid 19 dan itu bukan hanya di Tolitoli namun diseluruh Indonesia. Dana APBD untuk program pembangunan sebahagian besar lebih diarahkan kepentingan penanganan covid 19. Dan kondisi ini sangat berpengaruhi  dalam mewujudkan visi misi Pemerintahannya.


"Pak Amran adalah satu,-satunya figur yang paling siap maju pada Pilkada Tolitoli 2024 mendatang. Sekali lagi saya katakan bahwa Pak Amran adalah figur paling siap. Dan itu bisa terlihat dalam Prmilu DPRD Tolitoli 2024, partai PBB yang diketuainya raih  6 kursi dan dapat dipastikan akan raih kursi Ketua DPRD Tolitoli. Melihat hal ini, peluang H Amran Hi Yahya untuk periode kedua cukup besar" kata Mansyur. 


Dimasa kurang lebih 3 tahun lebih kata Mansur, pak Amran memimpin Tolitoli, beliau tipe seorang pemimpin yang sangat merakyat dan diterima disemua golongan. 


"Kedekatannya dengan Rakyat yang begitu familier tentu ini menjadi catatan positif sekaligus menggambarkan bahwa Pak Amran dicintai oleh Rakyatnya" ujar Mansur.


Bupati Tolitoli H Amran Hi Yahya mengatakan upaya kerja keras membangun daerah Tolitoli hanya dengan semangat gotong royong. 


"Tahun kedua masa jabatan, Indonesia , termasuk Tolitoli di perhadapkan dengan masalah nasional bencana covid 19 yang butuh penanganan ekstra. Terpaksa dana program dialihkan untuk itu. Dan tahun ini barulah mulai menata apa yang jadi program yaitu sesuai arah prioritas membangun dari desa" kata H Amran Hi Yahya kepada Alasannews.com lewat pesan WhatsApp beberapa waktu lalu.


Bagi saya kata Bupati Amran dengan dana APBD Tolitoli lebih diarahkan membangun Tolitoli dimulai dari desa sebagai lumbung ketahanan pangan. Sebab membangun dari desa terutama daerah sentra produksi akan beri dampak laju pertumbuhan ekonomi daerah ini. Apalagi Tolitoli sangat strategis sebagai salah satu daerah di Sulteng penyangga pangan ke IKN di Kaltim yang secara geografis berhadapan.


"Selaku pimpinan daerah Tolitoli saya bersyukur mendapatkan kehormatan Tolitoli mendapatkan kunjungan kerja Presiden Ir Joko Widodo. Meskipun singkat tapi miliki kesan tersendiri sebab 79 tahun Indonesia merdeka, baru pertama kali Kabupaten Tolitoli dikunjungi Presiden. Dan antusias warga cukup tinggi meskipun ditengah hujan deras tapi mereka mau datang menyambut kepala negaranya" kata H Amran Hi Yahya.


Berbicara  kontestasi politik Pilkada Tolitoli tahun 2024, Bupati Tolitoli H Amran Hi Yahya menyatakan siap maju. Apalagi melihat hasil Pemilu DPRD Tolitoli 2024 partai dipimpinnya PBB meraih 7 kursi dan itu bukti nyata masyarakat Tolitoli sebahagian besar apresiasi kepemimpinannya.

 

Catatan Beberapa Prestasi Pemda Kab.Tolitoli dipimpin Bupati H Amran Hi Yahya dan Wakil Bupati Moh Besar Bantilan Mulai Tahun 2021 - 2024 :


WTP 3 Tahun Berturut 

WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) adalah Opini Audit BPK dengan Predikat Sangat Baik / Informasi Bebas Salah Saji atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kab.Tolitoli 


Peringkat II Terbaik Se Sulteng pada  Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah oleh Kemendagri. Peringkat 2 Nasional Penurunan Stutnting

50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia.100 Top Event Se Indonesia. Predikat terbaik pertama (1) dalam Kategori Kinerja Pengelolaan Dana Desa TA. 2022. 


Predikat terbaik kedua (2) dalam Kategori Kinerja Pengelolaan Dana DAK FISIK  T.A 2022. Dan Penghargaan Manggala Karya Kencana (Penghargaan Kepada Pemda Tolitoli dalam Komitmen Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat)  Peringkat Terbaik (I) Se Sulawesi Tengah pada Bidang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum oleh Kemenkumham RI


B. Prestasi Capaian Pembangunan Makro


Kenaikan Pada PDRB 2021-2024. Kenaikan Pada Pendapatan Perkapita. Kenaikan Pada Daya Beli (Pengeluaran Penduduk Perkapita). Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia : Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi

Penurunan Angka Pengangguran. Peningkatan Orang diterima Bekerja


Kendala Dan Tantangan : 

Konsentrasi Pemda (Sumber Daya dan Anggaran) Yang Fokus Pada Penanganan Covid 19 dari Tahun 2021 - 2022. Pengalokasian Anggaran Pemda yang ditentukan Penggunaannya oleh Pemerintah Pusat mulai Tahun 2023. Masa Pemerintahan Yang Sangat Singkat di 3 - 3.5 Tahun (2021 - 2024).Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update