Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SMK KAL-1 Raih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat LKTI SMA/SMK Surabaya

3/12/2023 | 20:39 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-12T13:39:27Z


Implementasi Energi Surya Sebagai Sumber Energi Smart Gazebo” 

Surabaya, alasannews.com.--

Siswa  Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 Surabaya pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) 2023 meraih juara 1.

Lomba yang di selenggarakan oleh STIKIP BIM Surabaya diikuti 29 siswa atau ia menyinkirkan 28 peserta lain dari SMA/SMK baik negeri maupun swasta  Surabaya pada (11/03/23) .

Adapun karyanya adalah 

“Implementasi Energi Surya Sebagai Sumber Energi Smart Gazebo” 

Lomba Karya Tulis Ilmiah kali ini disamping SMA/SMK Surabaya juga ada di ikuti oleh  beberapa SMA/SMK  dari Sidoarjo dan Gresik.  SMK KAL-1 menjadi penghuni teratas sebagai juara 1, disusul  SMA Wijaya Putra sebagai juara 2 dan MAN 2 Gresik sebagai juara 3.

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Surabaya, Munawar S.Pd kepada pers menuturkan bahwa di SMK KAL -1 saat ini   banyak siswa dan guru yang berpotensi, untuk itu sekolah harus mendorong dan memfasilitasi guna mengembangkan potensi mereka.  Menurutnya dari jumlah peserta yang cukup banyak, siswa siswi kita mampu untuk mengalahkan mereka. Saya sebagai Kepala Sekolah sangat bangga kepada mereka dan mudah-mudahan prestasi ini bisa menjadi  triger yang lain bahwa  mereka juga mampu mempersembahkan yang terbaik untuk sekolah mereka sesuai kemampuan mereka sendiri.


Keberhasilan ini tentunya juga merupakan buah dari Pembinaan Ketua Cabang  Surabaya Yayasan Hang Tuah  Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP yang selalu mengingatkan kepada para Kasatdik/ Kepala Sekolah agar selalu berupaya meningkatkan prestasi siswanya baik prestasi akademik maupun non akademik. Hal senada juga selalu disampaikan oleh Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Fera Muhammad Ali, Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah Ny. Wiek Ahmadi Heri dan  Ketua Umum  Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P sehingga harapannya motto Yayasan Hang Tuah “ Kehadiran Kami Mencerdaskan Anda” dapat segera terwujud.

Perjalanan panjang siswa SMK KAL-1 meraih juara 1 dalam Lomba Karya Tulis  Ilmiah yang di selenggarakan oleh  STKIP BIM Surabaya menurut Kaprodi Teknik Audio Video SMK KAL-1 Dadang Styono, M.Pd  bahwa  siswanya yang terjun mengikuti lomba ini ada 2 tim. Tim 1 beranggotakan siswa kelas XII TAV dan Tim 2 beranggotakan siswa kelas X.  Kelas XII memang di harapkan dapat meraih hasil terbaiknya sedangkan siswa kelas X sengaja di terjunkan dengan tujuan untuk mencari bekal pengalaman .

Berkat dorongan dan bimbingan Kaprodi dan jajaran guru TAV,  Moh Widan Habibi, S.Pd, Yohan Rukmana Putra M, ST dan Siti Hardiyan ST siswa kelas XII  TAV yang terdiri dari      Nur Aini Tri Wahyu Lestari, Muhamad Ilham Firdaus dan Mohammad Risky Syaifudin   ( Tim 1) berhasil meraih prestasi terbaiknya sebagai juara 1.

LKTI siswa SMK KAL-1 dengan judul :    “Implementasi Energi Surya Sebagai Sumber Energi Smart Gazebo”  menjadi yang terbaik dari penilaian juri dari dosen STIKPI BIM Surabaya. Penyelenggaraan LKTI di awali dengan pendaftaran dengan menyerahkan hasil karya tulisnya, dari  jumlah peserta yang masuk ke panitia sebanyak 28, kemudian di seleksi sehingga terpilih 15 finalis. Disinalah saatnya siswa-siswi SMK KAL-1 menunjukkan kelebihannya di depan juri serta peserta lainnya, Paparan karya ilmiahnya dengan argumentasinya yang sangat meyakinkan tim juri, akhirnya terpilih menjadi yang terbaik. 

Siswa SMK KAL-1 di hadapan juri menyampaikan bahwa , Smart Gazebo merupakan hasil projek karya teknologi tepat guna yang menerapkan solar sel sebagai sumber energi utama untuk mensuplai listrik pada perangkat atau fitur yang terdapat pada smart gazebo, kesemuanya ini dikerjakan di bengkel TAV SMK KAL-1  selama 1 minggu sebelum mengikuti lomba dan  telah dilaksanakan uji coba pada masyarakat di sekitar area sekolah dan  di Kodiklatal ( Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan Latihan TNI AL).

Menurut ketua tim lomba Nur Aini Latar belakang pembuatan produk Smart Gazebo ini adalah mensosialisasikan energi bersih dan terjangkau sejalan dengan poin SDGs serta media edukasi agar masyarakat mampu menggunakan energi matahari sebagai alternatif energi atau sebagai sumber energi listrik.

Smart gazebo memiliki 6 fitur utama yaitu :  Sebagai charging atau supply HP/Laptop, memiliki smoke detector dengan notifikasi suara, terdapat jam digital, terdapat tempat sampah otomatis (smart trash), lampu otomatis (menyala ketika malam hari) dan solar sel sebagai konversi energi sinar matahari menjaadi listrik.
Produk yang dibuat dengan budget sekitar 3,5 juta dari  dari sekolah , dengan fitur yang sangat menarik dapat menjadi alternatif tempat tunggu, tempat bersantai yang sangat edukatif. Cara kerja smart gazebo memanfaatkan energi matahari yang dikonversikan menjadi energi listik melalui solar sel, akan diteruskan menuju Solar Charger Control (SCC) yang akan meneruskan energi listrik untuk disimpan pada batrai. Output tegangan pada batrai akan didistribusikan pada inverter untuk supply arus AC dan pada beberapa perangkat atau device yang terpasang pada smart gazebo.

Dengan keberhasilan siswa SMK KAL -1 menampilkan  “Implementasi Energi Surya Sebagai Sumber Energi Smart Gazebo” sebagai juara 1 LKTI ini, harapannya adalah  Smart Gazebo bisa dilirik oleh TNI AL/ Kodiklatal, Yayasan Hang Tuah ataupun Instansi lain sebagai produk SMK KAL-1 tahun 2023

(yht/dar).






.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update