Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Manya: Intervensi Ketahanan keluarga dapat meningkatkan imun menolak Lahgun Narkoba

2/23/2023 | 06:27 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-22T23:27:54Z


Langsa,aceh, Alasannews.com- Intervensi ketahanan Keluarga dapat meningkatkan daya imun keluarga dalam menolak segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungannya.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Langsa, AKBP Werdha Susetyo, SE., melalui Penanggung jawab (Pj) Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Cut Maria, S.Sos., pada kegiatan intervensi pelaksanaan Program ketahanan keluarga anti narkoba ke 2.

Kegiatan tersebut diikuti 20 peserta dari 10 keluarga Gampong Bersinar,
Penyelenggaraannya berlangsung di
Balai Pengajian Baitul Azman
Jalan TM. Bachrum No.100 Gp. Paya Bujok Teungoh Kec. Langsa Barat Kota Langsa, Rabu ( 22/02/2023).


Lanjut, Cut Maria yang sering disapa Manya, Pembangunan keluarga menjadi salah satu isu pembangunan Nasional dengan penekanan pada pentingnya penguatan ketahanan keluarga. Perlindungan dan pemberdayaan terhadap keluarga sebagai unit terkecil di dalam masyarakat menjadi sasaran utama dalam pembangunan keluarga.

"Pembangunan keluarga adalah upaya mewujudkan keluarga berkualitas, berketahanan dan sejahtera yang hidup dalam lingkungan yang sehat pada setiap tahapan kehidupan, sehingga diperlukan intervensi berbeda namun berkelanjutan," tambahnya.

Oleh sebab itu, ketahanan keluarga merupakan hal terpenting dalam pelaksanaan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika(P4GN), karena keluarga adalah entitas utama bermulanya suatu lingkungan sosial, 

“Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba adalah untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan hidup serta pola pengasuhan orang tua guna menangkal penyalahgunaan narkoba,” terang Manya.

"Upaya mewujudkan Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) diperlukan peran keluarga, tentunya diwujudkan melalui program ketahanan keluarga anti narkoba dengan melibatkan kepala keluarga dan anggota keluarga sebagai relawan/ Penggiat  anti narkoba yang kita intervensi langsung ke lingkungan keluarga," membangkitkan semangat gelora *War On Drugs* di manapun berada, tutup Manya.

Kegiatan tersebut, panitia membagi tiga sesi nyakni : Sesi anak, sesi orang tua dan sesi keluarga, di pandu dan di fasilitasi oleh Cut Maria, S. Sos. dan Henny Puspa, SKM.

Intervensi ketahanan keluarga berlangsung sukses dan penuh semangat dari peserta yang diisi oleh 2 narasumber yaitu Dewi Ulfah Nasution, M. Psi, Psikolog., dengan materinya "Keterampilan tentang nilai-nilai keluarga dan komunikasi untuk memahami tekanan teman sebaya dan hubungan keluarga," dan di lanjutkan pemateri ke 2 yaitu Syifa Fitria, M. Sc., dengan materinya
"Keterampilan orang tua untuk mengubah dan mengelola perilaku  agresif dan tekanan teman sebaya serta Keterampilan menolak pengaruh teman sebaya."


Penulis: zainal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update